[Berita Smansa] AYO TERIAK LEBIH KERAS LAGI KAWAN!

SMANSA Kebumen- Kabar terkini datang dari mata pelajaran seni musik yang mengadakan ujian praktek bagi kelas XII tahun pelajaran 2011/2012 pada hari Jumat dan Sabtu, 9 dan 10 Maret 2012 bertempat di aula sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi seni siswa-siswi kelas XII, sekaligus sebagai ajang penyegaran setelah beberapa saat yang lalu disibukkan dengan berbagai latihan ujian.

Kegiatan yang berjudul “Ajang Kreasi dan Pagelaran Seni Kelas XII SMA N 1 Kebumen tahun 2011/2012” menampilkan berbagai macam kreativitas seni dari delapan kelas baik IPA maupun IPS. Setiap kelas menampilkan karyanya sendiri, seperti Band kelas, Vokal Grup Akustik, Vokal Grup Midi, Ansamble Musik, dan Ansamble gitar. Sebagai tim penilai yaitu tiga orang guru music SMA N 1 Kebumen, yakni Bapak Slamet Pramono, Bapak Ponijan, dan Ibu Elok. Acara tersebut sangat meriah dengan riuh tepuk tangan dan teriakan penyemangat dari para penonton yang hadir. Sebagian besar penonton adalah murid kelas XII dan sebagian lain adalah adik-adik kelas X dan XI.

Acara dimulai dengan penampilan paduan suara masing-masing kelas yang membawakan lagu-lagu andalan mereka. Masing-masing kelas berkompetisi demi mendapatkan nilai yang memuaskan dari para juri. Tidak kalah menarik, setiap kelas bersaing untuk menunjukkan kemampuan mereka. Berbagai pernak-pernik mulai dari busana pentas, peralatan musik hingga gaya saat penampilan, sengaja dipersiapkan sedemikian rupa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Di samping itu, kehebatan penampilan mereka saat tampil menjadi bukti bahwa mereka telah berlatih keras sebelum tampil.

Beberapa kendala sempat muncul di dalam kelompok. Misalnya ada ketidakcocokkan antara kemampuan seni anggota yang satu dengan yang lain. Perolehan kelompok seni didapatkan dari hasil undian sehingga benar-benar tidak terjadi kecurangan. Apabila ada salah seorang siswa yang tidak kompeten dalam kelompoknya maka dia harus berusaha untuk bisa menguasai kesulitannya itu. Tentunya dengan belajar dan belajar. Memang pembagian kelompok sengaja menggunakan sistem undian agar masing-masing anak terpacu untuk bisa menguasai apa yang belum dia kuasai. Selain itu, juga untuk menambah pengalaman seni musik pada bagian yang berbeda. Siswa yang belum terbiasa bermain gitar dipacu untuk bisa bermain gitar. Siswa yang sebelumnya telah mampu bernyanyi harus bermain suling atau pun drum karena dia mendapatkan undian yang tidak memperbolehkan untuk dia bernyanyi.

Lagi-lagi pengalaman. Semuanya adalah pelajaran berharga. Kekesalan saat berlatih bersama anggota yang kurang kompak sekejap hilang dan berganti menjadi canda tawa yang penuh kebahagian setelah pentas usai. Mereka menganggap kemarahan dan kebencian di antara mereka hanyalah bagian dari proses belajar di SMA yang tak terlupakan. Ayo kawan, teruslah berkarya. Sebentar lagi kita kan berpisah ruang dan waktu. Namun tidak untuk jiwa kita. Jiwa SMA N 1 Kebumen yang usil dan penuh keceriaan.
Agung Kompak,

DOKUMENTASI:

1 2 3 4 5 6

4 thoughts on “[Berita Smansa] AYO TERIAK LEBIH KERAS LAGI KAWAN!

    1. kan sama2 smansa bli!@imcw: hehhee Ntar kalo resman reuni gantian saya yang ga bisa ikut dong!@mangbud: kayaknya ketentuan panitianya gitu sih!@Wahyu Blue: saya angkatan mara2..@Pande: hahaha sama2 smansa tuh! Tpi beda kepanjangan!@artana: wah, banyak nih anak smansa yang comment.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *